Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asal Usul Kota Banjarmasin


     Pada jaman dahulu, di Kalimantan berdiri sebuah kerajaan, Nagara Daha namanya. Kerjakaan itu didirikan oleh Putri Kalungsu bersama Putranya, Raden Sari Kaburangan alias Sekar Sungsang yang bergelar Panji Agung Maharaja Sukarama. Pada masa pemerintahannya, sering terjadi pemberontakan, yaitu antara Pangeran Samudera pewaris tahta yang syah dan Pangeran Mangkubumi. Dalam perebutan kekuasaan itu, justru Pangeran Mangkubumi yang berhasil menduduki tahta kerajaan.
     Pemerintahan Pangeran Mangkubumi ternyata juga tidak berlangsung lama. Dalam perebutan kekuasaan berikutnya, Pangeran Mangkubumi akhirnya terbunuh dalam usahanya untuk memadamkan pemberontakan. Dan sebagai pemegang tampuk pemerintahan yang baru adalah Pangeran Tumenggung.
     Pangeran Samudera sebagai pewaris kerajaan yang syah menjadi amat sedih hatinya menyaksikan terjadinya perebutan kekuasaan yang tiada henti itu. Sang Pangeran pun merasa tidak aman jika tetap tinggal dalam lingkungan kerajaan karena lama-kelamaan orang-orang akan tahu dirinya sebagai pewaris kerajaan yang syah dan pastilah akan menjadi sasaran pembunuhan bagi yang sedang berkuasa. Atas bantuan orang-orang kepercayaannya di Kerajaan Nagara Daha, Pangeran Samudera melarikan diri. Ia menyamar dan hidup di daerah terpencil di sekitar muara sungai Barito.
     Di Muara sungai Barito itu, terdapat kampung-kampungyang berbanjar-banjar atau berderet-deret melintasi tepi-tepi sungai. Di antara kampung-kampung itu, kampung Banjarlah yang paling strategis letaknya. Kampung banjar dibentuk oleh lima aliran sungai muaranya bertemu di sungai Kuin. Karena letaknya yang amat strategis itu, kampung Banjar kemudian berkembang menjadi Bandar, kota perdagangan yang ramai dikunjungi kapan-kapal dagang dari berbagai negeri. Bandar itu di bawah kekuasaan seorang patih yang biasa disebut Patih Masih. Bandar itu juga dikenal dengan nama Bandar Masih. Lama kelamaan nama Bandar Masih menjadi Banjarmasin.

Post a Comment for "Asal Usul Kota Banjarmasin"