Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perangkat Lunak Komputer (Bisa Dibilang Juga Software)

Perangkat Lunak Komputer (Bisa Dibilang Juga Software)
Muhamadnurdin.com-sebelumnya saya sudah post Pengertian Perangkat Keras Komputer (Hardware)  dan sekarang saya akan post Perangkat Lunak Komputer (Bisa Dibilang Juga Software) pada saat ini terdapat banyak jenis software yang sudah digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan tugasnya. Setiap software dibuat sesuai dengan fungsinya masing-masing, misalnya intik menghitung dan mengolah sekumpulan angka, membuat dokumen surat laporan, dan makalah, membuat gambar, bahkan untuk membuat presentasi atau multimedia.
Perangkat lunak ini dibagi menjadi tiga golongan yaitu: sistem operasi (contohnya: Microsoft Windows), bahasa pemrograman (contohnya: Pascal), dan program aplikasi (contohnya: Microsoft Office).
1. Sistem Operasi
Software sistem operasi merupakan suatu software komplek yang mempunyai banyak fungsi. Fungsi yang pertama adalah untuk mengatur semua perangkat keras komputer yang terhubung dengan CPU. Fungsi kedua adalah menerjemahkan segala aaktivitas pemakai kepada CPU agar segala yang diperintahkan oleh pemakai dapat dikerjakan oleh CPU. Fungsi yang ketiga adalah mengatur semua proses yang terjadi di dalam CPU. Sistem operasi juga berfungsi sebagai tempat atau platform untuk menjalan suatu software aplikasi.
Saat ini sudah terdapat berbagai jenis software sistem operasi yang dapat kamu gunakan, di antaranya adalah Microsoft Windows (Windows 98, Windows 2000, Windows XP, dan Windows Vista) dan Linux (Mandrake, Ubuntu, dan Redhat).
2. Bahasa Pemrograman
Bahasa pengrograman (programming language) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri. Berdasarkan tingkatannya, bahasa pemrogramman dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language)
    Bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahas mesin. Biasanya yang mengerti haya pembuatnya saja karena isi programmnya berupa kode-kode mesin.
  2. Bahasa pemrograman tingkat menengah (midle level language)
    Pada bahasa pemrograman tingkat menengah, penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari. Walaupun begitu bahasanya masih sulit untuk dimengerti. Yang tergolong ke dalam bahasa pemrograman tingkat menengah adalah Assembler.
  3. Bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language)
    Bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih terstruktur dan mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari. Contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah Basic, Pascal, Delphi, Visual Studio, C, C + +, ADA, Java, dab lain sebagainya.
3. Program aplikasi
Program aplikasi merupakan software yang mempunyai fungsi khusus sesuai dengan tujuan pembuatnya. Program aplikasi merupakan software yang banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas tertentu, seperti untuk membuat surat, mendengarkan musik, menonton VCD, menghitung sejumlah angka, dan masih banyak lagi.
Berdasarkan fungsinya, program aplikasi dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya adalah program aplikasi pengolah kata, pengolah angka, pengolah grafis, pembuat presentasi, dan multimedia.
Sebelum kalian dapat menjalankan suatu program aplikasi, kamu harus menginstall programaplikasi tersebut ke komputermu. Setelah itu, barulah kamu dapat menggunakan program aplikasi tersebut

14 comments for "Perangkat Lunak Komputer (Bisa Dibilang Juga Software)"

  1. Trimakasih banyak untuk artikelnya, sangat bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  2. keren artikel nya bro, makasih dah mau berbagi bro

    ReplyDelete
  3. thanks atas infonya gan..

    ReplyDelete
  4. Terima kasih pengertiannya bro, mudah dipahami :)

    ReplyDelete
  5. Walah Lengkap Sekali , Jadi Lebih Paham Kebetulan Saya Belum paham semua
    tentang Ini :D

    ReplyDelete
  6. simple tapi sangat bermanfaat, terimakasih banyak untuk artikelnya

    ReplyDelete