Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asal Mula Nama Manado


    
 Nama Kota Manado menurut tutur legenda yang diceritakan berasal dari bahasa Etnik Toutemboan Minahasa yaitu "Manarow" yang artinya "Pergi ke Negeri Jauh". Jikalau seseorang Suku Minahasa asli hendak bepergian, maka tetangganya akan menyapanya dalam bahasa daerahnya, "Mange-an isako?" (Mau kemana engkau?), maka dia akan menjawab, "Mange-an Manarow atau mau pergi ke tempat negeri yang jauh". Dalam versi bahasa Sangir Tua disebut Mararau; Marau yang artinya jauh.

     Nama lain yang lebih tua untuk Kota Manado adalah Wenang/Benang:. Wenang atau Benang itu sendiri adalah pohon yang banyak tumbuh di pesisir Manado atau biasa disebut pohon bahu yang bisa dijumpai di sepanjang Pantai di Bahu Malalayang sampai di kalasey.

     Wenang atau Benang itu sendiri dalam versi Bahasa Sangir tua adalah "Gahenang/Mahenang", artinya api yang menyala/bercahaya/bersinar (suluh, obor, api unggun).

     Dan kata "Manarow" itu sendiri merujuk pada sebuah Pulau yaitu Pulau Manado Tuan. Di mana penghuni Pulau Manado Tua ini adalah Orang-orang dari Etnis Sangir Tua yaitu Etnis Wowontehu/Bowontehu/Bobentehu.

Post a Comment for "Asal Mula Nama Manado"