Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Apa Itu Internet ?

Oke guys, salam kenal saya admin baru disini. Mungkin kalian bisa mengenal saya lebih baik, tapi mungkin kelamaan atau bahkan memerlukan waktu yang tidak sedikit. Lagian saya juga lagi sedih :'( soalnya engga dapat peringkat apa - apa disekolah. Kok malah curhat sih ? sorry guys ungkapan dalam hati. Ok tanpa berlama - lama ini dia !!


Mungkin kita sudah banyak mengenal kata Internet, tapi sebenarnya kalian tuh tau apa engga sih apa itu Internet ? oke kita langsung liat aja jawabanya di bawah ini

Yang kita tau internet itu adalah sekedar tau aja, 'kok bisa sih' ? ya begitulah kalau kata orang - orang awam. Tapi secara harfiah, internet itu berasal dari 3 kata yaitu, Inter yang berarti Internasional, Connection yang berarti Hubungan, dan Networking yang berarti Jaringan. Jadi kalau disambung berarti Hubungan Jaringan Internasional, jadi internet adalah teknologi yang menghubungkan beberapa komputer atau beberapa jaringan komputer diseluruh dunia untuk berkomunikasi tanpa batasan ruang dan waktu. So jadi ini toh yang namanya internet ?

Jumlah jaringan komputer yang membentuk internet sangatlah banyak, lebih dari jutaan. (mungkin beberapa orang akan bilang wow). Kumpulan dari jutaan jaringan komputer tersebut membentuk suatu jaringan komputer besar yang disebut Cyber Space. Jangkauan Cyber Space mendunia dan sangat luas (World-Wide).

Oke sekarang kita akan mempelajari sedikit tentang TCP dan IP !

Dalam mengatur integrasi dan komunikasi, jaringan komputer ini menggunakan protokol jaringan, yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protokol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protokol) bertugas mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lainnya. TCP/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik untuk pengiriman data. Memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan, dan juga untuk mengatur  serta mengirimkan data.

Agar komputer dapat terhubung dengan Internet, kita harus mempunyai langganan ke salah satu ISP yang mantab di kota kita. ISP (Internet Service Provider) adalah suatu perusahaan yang menyediakan jasa layanan Internet. contoh dari ISP adalh Telkom. Layanan dari Internet juga dapat digunakan untuk browsing/surfing, e-mail, chatting, search engine, milis, download, upload, FTP, ataupun newsgroup.

Oke guys, sekian dari saya mohon maaf bila ada kata - kata yang salah Wassalamualaikum wr. wb.

Asistant Muhamad Nurdin

Riyan Martin Hidayat