Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Internet

Oke guys bertemu lagi dengan saya, berhubungan saya bikin ni post waktu malam. Ditambah suasana yang kurang bersahabatan kita langsung saja !

Kok internet lagi sih, ya tapi ini sejarahnya. Mungkin yang kita tau hanya sejarah komputer, tapi kita juga harus tau sejarah internet.

Cikal bakal internet yang kita kenal saat ini, pertama kali dikembangkan tahun 1969 (berarti setelah masa penjajahanya ya ?) oleh Departemen Pertahanan AS dengan nama ARPANET (US Defense Andvanced Research Project Agency). ARPANET dibangun guna membuat suatu jaringan komputer yang tersebar dan menghindari pemusatan informasi dari suatu titik yang dipandang rawan dihancurkan apabila terjadi peperangan.
Di awal tahun 1980-an, ARPANET terpecah menjadi 2 jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet (Sebuah jaringan militer). Awalnya, jaringan terkoneksi ini disebut DARPA Internet, tetapi lama-kelamaan disebut sebagai Internet saja. Internet lalu digunakan untuk kepentingan akademis dengan menghubungkan beberapa perguruan tinggi, masing - masing UCLA, Universitas of California di Santa Barbara, Universitas of Utah, dan Stanford Research Institute. Perkembangan ini kemudian disusul dengan dibukanya Usenet dan Bitnet yang memungkinkan Internet diakses melalui sarana PC.
Pada tahun 1982, protokol standar TCP/IP mulai diperkenalkan lalu disusul dengan penggunaan sistem DNS (Domain Name Service) pada 1984. Di tahun 1986, lahir National Science Foundation Network (NSFNET), yang menghubungkan para periset di seluruh negeri dengan 5 buah pusat super komputer. Jaringan ini kemudian terdiri atas Universitas dan konsorium - konsorium riset, NSFNET kemudian mulai menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset utama di Amerika hingga pada bulan maret 1990 ARPANET secara resmi dibubarkan.
Pada saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan internaional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Australia, negara - negara Skondavia, Inggris, Prancis, Jerman, Kanada, dan Jepang segera bergabung kedalam jaringan ini. PAda awalnya, Internet hanya menawarkan layanan berbasis teks, meliputi remote access, e-mail/messaging, ataupuan diskusi melalui newsgroup (Usenet). Layanan berbasis grafis seperti World Wide Web (WWW) saat itu masih belum ada. Layanan yang ada hanya Gopher yang dalam beberapa hal mirip seperti web yang kini kita kenal, kecuali sistem kerjanya yang berbasis teks.
Kemajuan dicapai pada tahun 1990 ketika World Wide Web mulai dikembangkan oleh CERN (Laboratorium Fisika Partikel di Swiss) berdasarkan proposal yang dibuat oleh tim Berners-Lee. Namun, WWW browser yang pertama baru lahir dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1992 dengan nama Viola. Viola diluncurkan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN WWW. Tentu saja, web browser yang pertama ini masih sangat sederhana, tidak secanggih browser modern masa kini.
Terobosan lainya terjadi pada tahun 1993 ketika InterNIC didirikan untuk menjalankan layanan pendaftaran domain, bersamaan dengan itu, gedung putih mulai tersambung di Internet dan pemerintahan AS meloloskan National Information Infrastrcucture Act.
Pengguna Internet secara komersial dimulai pada tahun 1994. Pelopornya adalah perusahaan Pizza HUT dan penggunaan Internet Banking pertama kali oleh First Virtual. Setahun kemudian, Compuserve, America Online, dan Prodigy mulai memberikan layanan akses Internet bagi masyarakan umum. Sementara itu, Indonesia baru bisa menikmati layanan Internet komersial pada tahun 1994. Sebelumya, beberapa universitas Indonesia telah terlebih dahulu tersambung dengan jaringan Internet melalui gateway yang menghubungkan universitas dengan jaringan luar negeri.

Ok sekian dari saya Wassalamualaikum Wr.Wb dan selamat menjalankan Ibadah Puasa




Riyan Martin Hidayat