Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Internet dengan Intranet, Intranet Sebagai Tekonologi Masa Depan

Oke guys, ketemu dengan saya admin yang cukup kece ini, sorry ko malah ngelantur sih. Ngomong bagaimana puasa kalian lancar - lancar aja, apa ada yang bolong ? oke sedikit info atau banyak mohon maaf aja deh !



Jangan berfikir kalau Intranet dan Internet itu sama, walaupun namanya hampir mirip tapi mereka berdua memiliki keleebihan dan kekurangannya masing - masing.

 Oke kita ingat - ingat lagi kalau Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas wilayah, hukum, dan budaya. Secara fisik, Internet diumpamakan sebagai jaring laba - laba (The Web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari titik - titik (Node) yang saling berhubungan. Node dapa berupa komputer, jaringan lokal, atau peralatan komunikasi. Sementara itu, garis penghubung antar simpul disebut sebagai tulang punggung (bakcbone), yakni media komunikasi terestrial (kabel, serat optik, microwave, radio link) maupun satelit. Node terdiri dari pusat informasi dan database, peralatan komputer dan perangkat interkoneksi jaringan serta peralatan yang dipakai pengguna untuk mencari menempatkan, atau bertukar informasi di Internet.

Intranet diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Intarnet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet. Khoe Yao Thung (1997) mengatakan, "Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan ber-internet dalam lingkungan lokal. Intranet umumnya juga terhubung ke Internet. Pertukaran informasi dan data dengan jarikan Intranet lain (Internet Working) melalui backbone Internet dapat terjadi.

Dukungan aplikasi, program, dan sistem operasi yang luas akibat popularitas Internet menjadikan Intranet sebagai masa depan LAN. Keistimewaan fasilitas Intranet yang tidak terdapat pada jaringan lokal (LAN) konvensional adalah tampina web (grafis, multimedia) pada sistem operasi, navigasi, aplikasi maupun databasenya.
Berikut adalah fasilitas standar yang dapat digunakan di Intranet :
1. Surat Elektronik (E-mail)
2. Transfer Berkas (FTP)
3. Emulasi Terminal Jarak Jauh (Telnet,Rlogin)
4. Pengendalian Peralatan Network Jarak Jauh (SMNP)
5. Aplikasi Internet seperti : search engine, mailing list, newsgroup, archive, dan gopher.
6. Teknologi LAN yang terdapat di Intranet adalah : Manajamen database, sistem terdistribusi, client server, dan sharing resource and peripheral.


Oke sekian dari saya Wassalamualaikum Wr. Wb.
Selamat Berpuasa